Ganjar Berikan Hadiah Sepasang Lovebird Kepada Cak Imin, Benarkah Burung Ini Lambang Kesetiaan?

Losergeek.org.CO, Jakarta – Capres yang diusung PDIP Ganjar Pranowo bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di salah satu kafe di Jakarta Selatan untuk berbincang, mulai dari membahas tentang persahabatan mereka yang sudah lama sampai dinamika politik Indonesia.

Kemudian, Ganjar memberikan hadiah kepada Cak Imin yang berupa kandang burung ditutupi kain penutup hitam. Lalu, ketika Cak Imin membuka kain penutup tersebut, isinya berupa sepasang burung Lovebird berwarna merah hijau. Ganjar meyakini bahwa Lovebird merupakan burung yang setia sehingga diberikan kepada sahabat lamanya dengan warna spesial.

“Lovebird itu setia. Jadi, kalau ia mati, pasangannya bisa ikut mati. Selain itu, Lovebird ini juga spesial Cak karena berwarna merah dan hijau,” ujar Ganjar pada 18 Agustus 2023, dikutip dari antaranews

Burung Lovebird

Lovebird merupakan salah satu dari sembilan spesies burung beo kecil genus Agapornis (subfamili Psittacinae) dari Afrika dan Madagaskar. Kesembilan spesies ini memiliki panjang 10-16 centimeter dan berekor pendek. Sebagian besar burung ini memiliki paruh merah dan lingkaran mata yang menonjol. Di alam liar, kawanan spesies besar ini mencari makan di hutan dan semak belukar dan kerap merusak tanaman. Namun, beberapa spesies lainnya bersarang di lubang pohon. Sementara itu, Lovebird lebih nyaman untuk tinggal di kandang burung kecil.

Merujuk Britannica, meskipun sulit untuk dijinakkan, tetapi jenis Lovebird dapat diajari melakukan trik dan meniru ucapan manusia sampai batas tertentu. Jenis burung ini tangguh dan berumur panjang, tetapi galak terhadap burung lain dan memiliki suara keras serta berlekuk. 

Iklan

Lovebird terkenal dengan warna-warna cantik dan kedekatan dengan pasangannya yang penuh kasih sayang. Meskipun dapat menjadi bisa terhadap burung atau hewan peliharaan lain, tetapi Lovebird adalah sebagian burung yang paling setia dan sangat terikat dengan seseorang, seperti tertulis dalam myrightbird

Baca Juga  Wakil Ketua Umum PSSI Bicara Proyek Jangka Panjang Timnas Indonesia, Singgung Naturalisasi Pemain

Lovebird berhubungan secara monogami dengan pasangannya. Burung monogami mencapai kematangan seksual ketika berusia sekitar 10 bulan. Setelah itu, kawin dimulai dengan perilaku pacaran dan dapat berlanjut sepanjang masa hidup mereka sekitar 15 tahun. Monogami sangat penting untuk stabilitas sosial yang menjadi dasar perilaku sosial hewan tersebut. Selain itu, jika pasangan Lovebird berpisah dalam waktu yang lama dan penuh tekanan, maka ketika bertemu, pasangan burung ini saling memberi makan untuk membangun kembali ikatan mereka. 

Mengacu smithsonianmag, jika pasangan Lovebird meninggal atau terpisah dari kawanan lainnya, maka Lovebird lainnya akan menunjukkan perilaku tidak menentu atau depresi. Lovebird menjadi hewan peliharaan yang tidak suka sendirian. Sebab, Lovebird saling memberikan kasih sayang yang tulus antara satu sama lain. Dengan demikian, Lovebird kerap diidentikkan dengan hubungan asmara atau persahabatan seseorang. 

Pilihan Editor: Cara Mudah Merawat Burung Cinta Lovebird Bagi pemula



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *