Jokowi Sebut Undangan untuk Joe Biden Hadiri KTT ASEAN Masih Berproses

Losergeek.org.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan undangan kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menghadiri KTT ASEAN 2023 pada September depan, saat ini masih berproses. KTT ke-43 ASEAN itu bakar digelar pada 5-7 September 2023 di Jakarta. 

“Semuanya sudah direncanakan, sudah disiapkan, dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah 100 persen siap pada September,” ujar Jokowi di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Agustus 2023. 

Jokowi menyebut dalam KTT ASEAN 2023 akan turut membahas isu Myanmar. Menurut Jokowi, konflik yang tengah terjadi di negara itu menyangkut isu kemanusiaan yang kompleks. 

“Konfliknya sudah bukan soal 1 dengan 2, tapi dengan 3, dengan 4, dengan 5 sehingga memerlukan waktu, dan itu bisa terjadi kalau semua stakeholders yang ada di Myanmar mau, memiliki kemauan yang sama untuk selesaikan masalah ini. Kalau ndak, memang sangat sulit,” kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan saat ini tantangan dinamika global memang tidak mudah. Ia berujar ekonomi global tidak pulih pasca Covid-19 dan rivalitas semakin tajam. Tapi, Jokowi yakin ASEAN mampu asalkan bersatu. 

“ASEAN adalah contoh keberagaman harmoni, saling melengkapi dan menguatkan, perbedaan ada tapi tidak menjadi halangan kita untuk mewujudkan tekad dan cita-cita ASEAN,” kata Jokowi. 

Iklan

Menurut Jokowi, ASEAN memiliki aset kuat untuk menjadi epicentrum of growth. Ia mencontohkan pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan ASEAN menjadi momentum kebangkitan yang harus dimanfaatkan. 

 ASEAN, kata Jokowi, juga harus menjadi masa depan dunia sekaligus jangkar perdamaian dan jangkar kestabilan. “Bulan depan KTT ke-43 akan diselenggarakan, sebagai ketua, Indonesia ingin meletakan fondasi kuat bagi ASEAN sehingga mampu menghadapi tantangan dan tanggap dinamika, serta memegang peran sentral,” ujarnya.

Baca Juga  Cerita Yekti dan Rahadyan, Ibu dan Anak yang Ambil S2 Hingga Wisuda Bareng di Unesa

Pada tahun ini, Indonesia dua kali menggelar KTT ASEAN. Pertama KTT ASEAN ke-42 yang telah dilaksanakan pada 9-11 MEI 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kemudian KTT yang kedua, KTT ASEAN ke-43 akan dihelat di Jakarta pada 5-7 September 2023.

KTT ASEAN pada Mei lalu dikhususkan untuk negara anggota ASEAN. Adapun KTT kedua di Jakarta diagendakan mengundang negara-negara mitra wicara ASEAN. Negara mitra wicara juga ada ASEAN+3 yang terdiri atas Cina, Jepang, dan Korea Selatan. Kemudian ASEAN+CER (Closer Economic Relations), yaitu Australia dan Selandia Baru.

Pilihan Editor: Jokowi Bahas Kondisi Pemulihan Ekonomi Hingga Konflik Myanmar di HUT Ke-56 ASEAN



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *