Mendag Dukung Optimalisasi Zakat untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

INFO NASIONAL – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mendukung optimalisasi pengelolaan zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dukungan itu dia sampaikan saat menerima audiensi dan silaturahmi perwakilan Baznas RI di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Jakarta, pada Senin 31 Juli 2023.

“Zakat dan wakaf itu penting sekali, terutama dalam pemberdayaan ekonomi Masyarakat,” kata dia. Sebagai negara yang memiliki potensi yang sangat besar dalam hal keuangan syariah seperti zakat dan wakaf, kata dia, maka  perlu  adanya  pemanfaatan  zakat  dan  wakaf  yang  harus  lebih  aktif.  “Bukan  hanya sekadar  ibadah  dan  kewajiban,  zakat  dan  wakaf  memiliki  potensi  untuk  pemberdayaan  ekonomi masyarakat,” ujar dia.  

Zakat dan wakaf, kata Mendag Zulkifli Hasan, memiliki  potensi  yang  besar  jika  dikelola  dengan baik, dikonsep dengan baik karena mayoritas masyarakat Indonesia ini adalah muslim. Pada pertemuan juga dibahas mengenai layanan zakat karyawan langsung sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor    3 Tahun  2014  tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga. Selain itu, diskusi juga membahas pengelolaan dan oleh Baznas.

Mendag Zulkifli Hasan juga menegaskan dukungannya terhadap peran Baznas dalam mendistribusikan daging kurban dam atau denda yang ditunaikan jemaah haji Indonesia. Khususnya ke wilayah dengan tingkat kemiskinan ekstrem sebagai pencegahan stunting serta pemenuhan gizi masyarakat yang membutuhkan.

“Tadi berkembang diskusi kalau harus bayar dan bagi yang berangkat haji bisa dilakukan di sini karena  di  Timur  Tengah  sudah  banyak  dagingnya. Itu bisa  digunakan  bagi  masyarakat  yang memerlukan dan untuk memenuhi gizi. Itu akan sangat bermanfaat,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara  itu,  Noor  mengucapkan  terima  kasih  atas  dukungan  Mendag  Zulkifli  Hasan  terhadap pengelolaan  zakat  di  lingkungan  Kemendag.  Menurutnya, penguatan zakat ini, dapat memberi banyak manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga  Momen Mengharukan saat Astronot UAE Video Call dengan Putranya dari Luar Angkasa

Baznas, kata Ketua Baznas Noor Achmad, juga mendukung pembentukan  unit  pengumpul  zakat  (UPZ)  di Kemendag  sebagai  wadah  pengumpulan,  penyaluran,  serta  pemberdayaan  zakat  para  pegawai  di lingkungan Kemendag.

“Selaku amil (pengelola) zakat, UPZ merupakan satuan organisasi yang dibentuk  Baznas  pada berbagai  entitas  dengan  tujuan  mengoptimalkan  tata  kelola  zakat  dalam  melayani  pembayaran zakat dari muzakki (pemberi zakat), dan mendistribusikan zakat kepada mustahik (penerima zakat), sesuai dengan ketentuan syariat Islam,” kata Noor. (*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *