PPP Mulai Bahas Kemungkinan Sandiaga Uno Tak Jadi Pendamping Ganjar Pranowo, Arah Koalisi Akan Berubah?

Losergeek.org.CO, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan pihaknya mulai membahas kemungkinan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno tidak menjadi pendamping calon presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. Pembahasan itu dipantik isu bahwa Sandiaga kemungkinan tak akan dipilih oleh PDIP.

“Maka berkembang juga, kalau Pak Sandi tidak jadi cawapres harus bagaimana PPP? Kalau pertanyaannya seperti itu, apakah tetap ada koalisi ini atau kemudian itu. Kan masih berkembang,” kata Arsul saat ditemui di ruangannya di kawasan Kompleks Parlemen, Selasa, 8 Agustus 2023.

PPP sebelumnya telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju pada Pilpres 2024. Mereka pun telah jalin kerja sama politik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Partai Perindo untuk mengusung Ganjar. PPP menyodorkan nama Sandiaga sebagai pendamping Ganjar. 

Arsul mengibaratkan PPP sebagai partai tanpa pemilik saham. Sehingga, kata dia, para kadernya memang punya kebebasan untuk mengutarakan pendapatnya mengingat semua pihak merasa memiliki partai.

PPP minta dilibatkan dalam pembahasan cawapres Ganjar

Di sisi lain, PPP juga sangat memahami bahwa kerja sama dengan PDIP dirajut tanpa adanya kontrak politik. Oleh sebab itu, PPP menghormati jika cawapres Ganjar akan ditentukan oleh PDIP alias Ketua Umum Megawati Sorkarnoputri.

Mencuatnya diskusi soal sikap PPP dan arah koalisi ini, menurut Arsul, setidaknya menunjukkan bahwa PPP ingin turut dilibatkan kala membahas cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Iklan

“Meskipun kita menghormati bahwa yang akan menentukan pasangan Pak Ganjar itu PDIP atau Bu Mega, tapi barangkali dengan pesan seperti itu, teman-teman PPP sedang mengatakan ‘Ya kami juga harus diajak bicara’. Gitu kira-kira,” kata Arsul.

Baca Juga  North India video viral twitter link

Ia menegaskan bahwa hubungan PPP dengan PDIP hingga kini berlangsung baik. Partai berlambang kabah itu disebut Arsul juga merasa terhormat bisa menjalin kerja sama dengan PDIP.

“Hubungan kita dengan PDIP baik sekali. Dan selama ini komunikasinya juga baik,” kata anggota Komisi Hukum DPR tersebut.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebelumnya mengungkap 5 nama kandidat cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Puan menyatakan 5 kandidat cawapres tersebut adalah Sandiaga Uno, Erick Thohir,  Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono dan Andika Perkasa. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *