Wakil Ketua Umum PSSI Bicara Proyek Jangka Panjang Timnas Indonesia, Singgung Naturalisasi Pemain

Losergeek.org.CO, Jakarta – Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali bicara target Indonesia untuk menembus putaran final Piala Dunia 2038. Rencana itu masuk dalam program jangka panjang federasi untuk sepak bola Indonesia 2045. 

“PSSI sudah menyiapkan program jangka panjang menuju tahun 2045, untuk menunjang itu, sudah disiapkan juga program jangka menengah yaitu dari grassroot menuju Piala Dunia 2038,” kata Amali saat menjawab pertanyaan member Tempo dalam program Q&A membership grup Telegram Olahraga Tempo.co di Jakarta pada Sabtu, 12 Agustus 2023. 

PSSI sedang menyiapkan pola pembinaan dan pelatihan dalam tiga bagian merujuk pada petunjuk FIFA soal pembinaan sepak bola usia dini. Pertama, pembinaan level akar rumput atau grassroot. Ini menjadi bagian pembinaan sepak bola anak berusia 6-12 tahun. 

Kedua, pembinaan level pembentukan tim usia muda atau youth formative. Remaja berusia 13-15 tahun menjadi fokus pada pembinaan level ini sekaligus sebagai kerangka untuk membentuk timnas U-17 Indonesia.  Ketiga, pembinaan pemain muda tahap akhir atau youth final phase. Menurut Amali, pembinaan ini berfokus pada pemain berusia 16-19 tahun untuk kerangka pembentukan timnas U-20. 

Lantas bagaimana rencana naturalisasi pemain dari PSSI?

Amali mengatakan bahwa naturalisasi pemain tidak lagi menjadi program utama PSSI. “Itu hanya program jangka pendek. Yang memintakan naturalisasi itu harus dari pelatih, PSSI hanya merekomondasikan kepada pemerintah. Sampai saat ini, belum ada lagi yang akan dinaturalisasi dalam waktu dekat,” ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Iklan

PSSI sedang mempersiapkan tiga tim nasional untuk turun pada tiga ajang berbeda pada 2023. Timnas U-17 di bawah asuhan Bima Sakti sedang mempersiapkan diri dalam pemusatan latihan untuk turun di ajang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. 

Baca Juga  Kerugian Akibat Kebakaran Hutan Hawaii Capai Rp84,2 Triliun, Ribuan Orang Kehilangan Tempat Tinggal

Selain itu, timnas U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong bersiap menghadapi dua ajang sekaligus sepanjang Agustus dan September 2023. Skuad Garuda akan turun di ajang Piala AFF 2023 dan kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Tim U-23 lainnya di bawah asuhan Indra Sjafri juga sedang bersiap turun di ajang Asian Games 2023.

Adapun timnas Indonesia senior akan menghadapi dua ajang penting. Setelah bertanding di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober mendatang, tim asuhan Shin Tae-yong bakal bersiap turun di ajang Piala Asia 2023 di Qatar.

Pilihan Editor: Prediksi Arsenal vs Nottingham Forest di Liga Inggris Malam Ini: Jadwal Live, H2H, Kondisi Tim, dan Formasi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *