Wapres Ma’ruf Amin Pastikan Warga Meninggal di Papua Tengah Bukan karena Kelaparan

Rabu, 2 Agustus 2023 – 18:51 WIB

Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa warga yang meninggal di Papua Tengah bukan karena kelaparan melainkan akibat sakit diare dan cuaca yang buruk.

Baca Juga :

Wapres Ma’ruf Minta Proses Belajar di Al Zaytun Tetap Berjalan Usai Panji Gumilang Tersangka

“Sudah terjadi kekeringan di sana dan cuaca ekstrem, dan yang meninggal itu bukan karena kelaparan, tetapi karena diare dan karena cuaca,” ujar Ma’ruf kepada wartawan di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023.

Oleh sebab itu, Ma’ruf berpesan agar masalah kesehatan warga di Papua Tengah yang terdampak kekeringan harus segera diatasi, terutama pada kelompok rentan. Sejauh ini ada satu daerah yang terdampak dan diperkirakan masih ada daerah lainnya. Maka, dia mengingatkan aparatur pemerintah untuk menanggulanginya.

Baca Juga :

Wapres Ma’ruf Amin: Penetapan Tersangka Panji Gumilang Jawab Keresahan Masyarakat

Lahan tandus kekeringan akibat kemarau di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Hal senada juga dikatakan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Ia mengaku mendapat laporan bahwa para korban jiwa mengalami diare, dehidrasi, serta demam. Meski begitu, dia tidak memungkiri bahwa gejala-gejala yang dialami warga di Papua Tengah itu terjadi akibat kekeringan.

Baca Juga :

BNPB Sebut 6000 Orang Mengungsi karena Kelaparan di Papua Tengah

Yudo juga memastikan prajurit TNI siap untuk mengantar bantuan logistik ke Papua Tengah. TNI memastikan siap menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) jika ada gangguan dalam pengiriman. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *