Tujuh Manfaat dari Tanaman Sorgum

Apa itu sorgum?

Tujuh Manfaat dari Tanaman Sorgum. Sorgum adalah tanaman biji-bijian yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini dapat mencapai tinggi 2-5 meter, tergantung pada jenisnya. Sorgum ditanam sebagai sumber makanan manusia dan ternak, serta digunakan dalam produksi biofuel.

Terdapat berbagai jenis sorgum, namun secara umum mereka dibagi menjadi dua kelompok yaitu sorgum manis (sweet sorghum) dan sorgum pakan (grain sorghum). Sorgum manis biasanya digunakan untuk menghasilkan sirup atau gula cair sedangkan sorgum pakan lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan bagi hewan ternak seperti sapi dan ayam.

Meskipun belum begitu populer di Indonesia, namun tanaman ini sangat populer di negara-negara Afrika bagian timur dan selatan, Amerika Serikat bagian selatan serta India. Karena tolerannya terhadap kondisi lingkungan yang buruk seperti kekeringan atau cuaca panas sehingga cocok untuk ditanam di wilayah-wilayah tersebut.

Asal-usul sorgum

Asal-usul sorgum bisa dikatakan sangat kuno, bahkan sebelum tanaman gandum tumbuh di bumi. Tanaman ini awalnya ditemukan di Afrika timur dan selatan lebih dari 5.000 tahun yang lalu, dan menjadi salah satu tanaman pangan utama bagi masyarakat setempat.

Saat itu sorgum sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki ketahanan tinggi terhadap cuaca ekstrem seperti kekeringan atau banjir. Oleh karena itu, sorgum pun mulai dibudidayakan secara luas hingga menyebar ke berbagai negara di Asia dan Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, sorgum masih relatif belum begitu populer dibandingkan dengan jenis-jenis biji-bijian lainnya seperti jagung atau beras. Namun demikian, banyak petani lokal yang mulai tertarik untuk membudidayakan tanaman ini karena potensinya yang cukup besar.

Selain digunakan sebagai bahan dasar makanan dan minuman tradisional seperti tape ketan hitam atau bir sorghum, sorgum juga semakin populer sebagai pengganti tepung terigu bagi mereka yang menghindari gluten dalam diet mereka.

Manfaat kesehatan dari sorgum

Sorgum adalah salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bahan pangan atau pakan ternak. Namun, tahukah kamu bahwa sorgum juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa?

Manfaat pertama dari sorgum adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Sorgum mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, sorgum juga dapat membantu mengontrol diabetes. Kandungan karbohidrat kompleks pada sorgum dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Manfaat lainnya dari sorgum adalah sebagai antiinflamasi alami. Sifat antiinflamasi pada sorgum bisa membantu meredakan peradangan di seluruh tubuh dan menjaga sistem imun tetap sehat.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin B3 pada sorgum juga merupakan nutrisi penting bagi otak dan saraf manusia. Vitamin ini berperan untuk memelihara fungsi otak serta melindungi sel-sel saraf dari kerusakan.

Terakhir, konsumsi biji-bijian seperti sorgum juga diketahui dapat menurunkan risiko kegemukan karena lebih rendah kalori dibandingkan dengan nasi atau roti.

Dengan begitu banyaknya manfaat kesehatannya, tidak ada alasan untuk tidak mencoba mengkonsumsi produk olahan dari tanaman Sogrum!

Baca Juga  Beberapa Manfaat Asuransi Menurut Islam

Bagaimana cara mengolah sorgum?

Bagaimana cara mengolah sorgum? Ini adalah pertanyaan yang sering muncul ketika orang mulai tertarik untuk menggunakan tanaman sorgum. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengolah sorgum menjadi makanan atau minuman yang lezat dan bergizi.

Pertama, sebelum diolah, pastikan bahwa biji-bijian telah dicuci bersih dari kotoran atau bagian lainnya yang tidak dibutuhkan. Kemudian, rendam biji-bijian selama satu malam penuh agar lebih mudah diolah.

Cara pertama dalam mengolah sorgum adalah dengan memasaknya seperti nasi pada umumnya. Biji-bijian direbus hingga matang dan siap disajikan sebagai pengganti nasi atau bahan tambahan dalam salad atau sup.

Untuk membuat tepung sorgum, bisa dilakukan dengan menumbuk biji-bijian hingga halus lalu digiling menggunakan mesin penggiling. Tepung ini dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti, kue-kue maupun pasta.

Sementara itu, jika ingin membuat minuman tradisional Afrika berbahan dasar sorgum bernama “beer”, maka perlu melaksanakan proses fermentasi terlebih dahulu setelah biji-bijian direndam selama semalam penuh. Fermentasi akan membantu menjadikan rasa lebih enak dan aromatik saat diminum.

Nah itulah beberapa cara mengolah tanaman Sorgun menjadi makanan ataupun minuman nikmat serta berkhasiat bagi tubuh kita!

Resep sorgum

Sorgum adalah tanaman biji-bijian yang sering digunakan sebagai pengganti gandum karena bebas gluten. Selain itu, sorgum juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan enak dan bergizi. Berikut ini adalah beberapa resep sederhana dari bahan dasar sorgum.

1. Sorgum Goreng
Potong-potong sorgum dengan ukuran kecil-kecil dan goreng dalam minyak panas sampai garing. Tambahkan sedikit garam atau rempah sesuai selera.

2. Salad Sorgum
Campurkan potongan tomat ceri, daun seledri, mentimun, paprika merah dengan sorgum yang sudah direbus matang bersama kaldu ayam organik untuk rasa lebih lezat.

3. Nasi Goreng Sorgum
Tumbuk kasar 4 siung bawang putih dan tumis hingga harum dengan minyak sayur secukupnya, masukkan telur setengah matang lalu aduk rata dengan nasi sorgumm yang telah dimasak terlebih dahulu.

4. Puding Sari Jagung Rumput Laut
Tambahkan 1/2 cangkir tepung jagung ke dalam panci besar kemudian tambahkan susu almond segelas penuh (240 ml) secara perlahan-lahan sembari diaduk-aduk agar tidak menggumpal.
Tambahkan 1/4 cangkir sirup maple atau madu murni yaitu sesuai selera manis anda.
Masukkan satu sendok teh ekstrak vanila murni serta setengah sendok teh garam laut Himalaya kedalam campuran tersebut.
Tambahkan 2-3 sendok makan rumput laut bubuk

Baca Juga  Jenis-Jenis Reliever Dalam Pekerjaan

Alternatif untuk sorgum

Jika Anda mencari alternatif untuk sorgum, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan. Salah satu opsi adalah gandum hitam atau black rice, jenis beras yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan memiliki warna ungu gelap.

Gandum hitam mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada nasi putih biasa, sehingga bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, gandum hitam juga kaya akan serat dan protein.

Selain itu, quinoa juga bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memperoleh manfaat nutrisi sebanding dengan sorgum. Quinoa mengandung semua asam amino esensial dan sangat baik sebagai sumber protein untuk vegetarian atau vegan.

Salah satu lagi alternatifnya adalah amaranth, tanaman biji-bijian kuno yang tumbuh subur di Amerika Selatan. Amaranth mengandung zat besi dan magnesium serta merupakan sumber serat makanan yang baik.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum memutuskan untuk mengonsumsi salah satu alternatif tersebut secara rutin dalam diet harian Anda.

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa tanaman sorgum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Sorgum adalah bahan pangan yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mengandung nutrisi penting seperti serat, zat besi, dan vitamin B kompleks.

Selain itu, sorgum juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Beberapa resep yang bisa dicoba antara lain bubur sorgum dengan buah-buahan segar atau smoothie sorgum dengan susu almond.

Bagi mereka yang mencari alternatif gluten-free dari tepung terigu atau beras putih, sorgum dapat menjadi pilihan yang sempurna. Tanaman ini juga tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia sehingga tidak sulit untuk ditemukan.

Untuk infromasi lainnya: beritasiang.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *