APJATEL Fokus Perluas Infrastruktur Digital di Indonesia

Rakernas APJATEL 2023 di Artotel Mangkuluhur, Jakarta, (29/11).

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) telah menggelar Rakernas 2023 yang fokus membahas transformasi digital nasional sebagai program pemerintah untuk mendorong adopsi teknologi digital yang semakin luas di lebih banyak wilayah di Indonesia.

Perwujudan transformasi digital dinilai memerlukan adanya peran serta dari seluruh lapisan masyarakat, berbagai kementerian, lembaga terkait dan juga pemerintah pusat. Oleh karenanya, APJATEL menyelenggarakan Rakernas tahun ini dengan harapan dapat menjadi wadah forum diskusi nasional untuk mewujudkan kedaulatan transformasi digital bagi persatuan Indonesia, salah satunya dengan penyusunan regulasi yang komprehensif dan bersifat nasional.

“Rakernas tahun ini diharapkan bisa menjadi forum bersama antara pihak-pihak yang berkepentingan, untuk bisa bersama-sama mewujudkan program transformasi digital pemerintah. Untuk bisa mencapai hasil yang diharapkan, kita harus fokus pada pembangunan infrastruktur digital yang merata hingga ke pelosok tanah air,” ujar Jerry Siregar, Ketua Umum APJATEL.

“Melalui keterlibatan APJATEL, kami yakin rencana pembangunan infrastruktur digital dapat terlaksana dengan baik dan dapat mendukung ekonomi digital di Indonesia. Semoga Rakernas APJATEL dapat menghadirkan solusi untuk mempercepat pemerataan perluasan jaringan, demi tercapainya koneksi internet yang handal, sebagai fondasi dari tercapainya kedaulatan transformasi digital bagi persatuan Indonesia,” tambah Sarwoto Atmo Sutarno, Staf Khusus Kominfo.

Rakernas APJATEL tahun ini juga mencakup pembahasan dan diskusi terkait percepatan perluasan infrastruktur digital untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai wilayah tanah air. Sesuai arahan presiden terkait percepatan perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan Internet, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk menciptakan konten dan aplikasi digital, yang akan mendorong tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia.

Sebagai informasi hingga sekarang baru sekitar 35 persen wilayah Indonesia atau sekitar 150 kota/kabupaten yang terlayani jaringan fiber optik/fixed broadband. Untuk itu perluasan infrastruktur, sekaligus penetrasi fiber optik dan penerapan di berbagai wilayah di Indonesia, hingga perkembangan utilisasi Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur terhadap konektivitas menjadi fokus utama bagi perusahaan telekomunikasi dan operator internet yang tergabung di APJATEL.

Baca Juga  Upaya IdsMED Mengedukasi Kerugian Sistemik Peredaran Alat Kesehatan Ilegal

Melalui pelaksanaan Rakernas ini, diharapkan dapat memberikan pesan dan informasi atau pedoman dalam bentuk kebijakan atau regulasi yang bersifat nasional, sehingga dapat memberikan dukungan dan kemudahan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dalam rangka mewujudkan transformasi digital nasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *