Budi Waseso Jadi Komisaris Utama SIG Gantikan Rudiantara

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. (dok Bulog)

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Semen Indonesia (SIG) Tbk pada Jumat (1/12/2023) menyetujui untuk pengangkatan Budi Waseso (Buwas) sebagai Komisaris Utama. Budi menggantikan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (2014–2019) Rudiantara.

Corporate Secretary SIG,Vita Mahreyni mengatakan, RUPSLB mengukuhkan pemberhentian dengan hormat, Rudiantara sebagai Komisaris Utama dan Arief Prasetyo Adi sebagai Komisaris. Selanjutnya, rapat mengangkat Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen, serta Ratna Irsana sebagai Komisaris Independen.

Vita menyampaikan bahwa perseroan saat ini terus fokus menjalankan inisiatif-inisiatif strategis untuk peningkatan kinerja agar dapat terus memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, khususnya para pemegang saham. SIG juga ingin mencapai operational excellence dan target-target keberlanjutan.

Di antara inisiatif-inisiatif strategis tersebut yaitu dekarbonisasi melalui instalasi solar panel di unit-unit operasional dan pemanfaatan RDF (refuse-derived fuel) sebagai bahan bakar alternatif di pabrik semen, optimalisasi pasar ekspor dan mempertahankan kepemimpinan dalam proyek strategis nasional, modernisasi ekosistem retail, dan penerapan plant optimizer dan cargo consolidation untuk efisiensi biaya produksi dan distribusi.

“Untuk menjaga keberlanjutan bisnis di tengah kondisi pasar semen yang masih mengalami over supply dan persaingan yang ketat, SIG berkomitmen untuk mempertahankan kepemimpinan pasar melalui optimalisasi pasar, fasilitas produksi dan jaringan distribusi yang ekstensif. SIG siap memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dengan solusi produk dan layanan inovatif dan ramah lingkungan,” kata Vita.

Buwas menjadi Direktur Utama Bulog sejak tahun 2018. Sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Bulog, dirinya menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional dan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri. Terkait posisinya di Bulog, Kementerian BUMN memastikan bahwa Budi tidak akan merangkap jabatan. Buwas akan digeser menjadi komisaris dan akan meninggalkan posisinya sebagai Dirut Bulog.

Baca Juga  LKKP Catat Realisasi PDN Capai 90% Dalam Pengadaan 2023

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *