Dana US$ 5,41 Juta dari Venture Capital Mengucur ke Startup Rosé All Day Cosmetics

Rosé All Day Cosmetics Meraih Pendanaan Seri A Senilai US$ 5,41 Juta

Rosé All Day Cosmetics (RADC), produk kecantikan direct-to-consumer (D2C) asal Indonesia, berhasil menghimpun pendanaan Seri A senilai US$ 5,41 juta yang dipimpin oleh SWC Global, dengan partisipasi dari investor awal, AC Ventures, dan investor baru, DSG Consumer Partners (DSGCP).

Putaran ini menjadi tonggak penting bagi RADC, dan sejalan dengan visi perusahaan untuk mengembangkan produk kosmetik kelas dunia asal Indonesia ke pasar global. Melalui modal segar ini, RADC akan memperluas ekspansi bisnis di Indonesia dan ASEAN, melakukan inovasi produk secara menyeluruh dengan berfokus pada teknologi, serta mengembangkan kehadiran produk secara omnichannel.

“Kami memiliki keyakinan besar terhadap prospek ekonomi Indonesia dalam dekade mendatang. Kami terpesona oleh kualitas dan desain produk RADC, serta terkesan oleh efisiensi operasional tim. Kami dengan cepat melihat merek ini menjadi merek kecantikan unggulan asal Indonesia. Investasi dan dukungan kami tidak hanya sebatas modal; kami berencana untuk menghubungkan RADC dengan portofolio konsumen Tiongkok kami, dan membantu RADC membangun dukungan rantai pasokan di Tiongkok,” tutur Wendi Xiang, Wakil Presiden SWC Global. 

Diluncurkan pada 2017 dengan modal awal sebesar US$10.000, RADC menunjukkan tren yang menjanjikan, mencapai profitabilitas dalam 1,5 tahun setelah mulai beroperasi. Merek ini kemudian memperoleh investasi awal dari perusahaan modal ventura  AC Ventures pada 2020. Kini, RADC dikenal sebagai merek produk kecantikan dan perawatan kulit berkualitas tinggi yang ramah lingkungan dan mengusung clean-beauty, inclusivity, dan sustainability. 

Kesepakatan seri A ini mengikuti periode pertumbuhan signifikan bagi perusahaan ini. Para pendiri RADC meyakini, pertumbuhan positif bisnis RADC merupakan hasil dari kombinasi dari peningkatan saluran distribusi, minat dan daya tarik konsumen online yang meningkat, serta kemampuan merek dalam melakukan retensi pelanggan. 

Baca Juga  TikTok Bahas Kemitraan dengan Perusahaan-perusahaan E-commerce Indonesia

Co-founder RADC Tiffany Danielle yang juga masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 2023 sangat senang mengumumkan kemitraan terbaru  dengan SWC Global dan DSGCP. “Kolaborasi ini merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan kehadiran pasar RADC dan kompleksitas operasional di Asia Pasifik. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk membuka peluang baru dan menyampaikan produk kosmetik yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan berkembang pelanggan kami di Indonesia dan di luar.”

Sameer Mehta, Kepala Wilayah Asia Tenggara di DSGCP, menyatakan, “Misi inti kami adalah bermitra dengan para pendiri berjiwa visioner dari merek konsumen. Dengan tim RADC, kami mengakui para entrepreneur yang menunjukkan dedikasi yang teguh terhadap pelanggan mereka, secara konsisten memberikan produk-produk kelas atas. Keahlian mereka dalam mengembangkan merek yang dicintai secara nasional, ditandai dengan efisiensi modal yang luar biasa dan kehadiran yang kuat di berbagai saluran penjualan, membuat kami terkesan. Itulah campuran dedikasi, efisiensi, dan kehadiran di pasar yang memantapkan keputusan kami untuk mendukung RADC sebagai pemain unggul dalam industri perawatan kecantikan yang dinamis,” Sameer menuturkan.

Sameer melanjutkan, pasar kosmetik dan perawatan kulit Indonesia pada 2022 masing-masing memiliki nilai US$800 juta dan US$2,4 miliar, dengan pertumbuhan tahunan yang diproyeksikan mencapai 14-16% dan 10-15% hingga 2026. Ekspansi ini akan didorong oleh pangsa pasar yang kuat dari kelompok milenial dan Gen-Z sebanyak 145 juta konsumen yang mencari produk premium di tengah peningkatan PDB per kapita yang diestimasikan mencapai US$7.000 pada 2026.

Keterlibatan digital yang signifikan dari konsumen Gen-Z tersebut ditandai dengan tingkat penetrasi 89% di daerah perkotaan, didorong oleh booming e-commerce dan media sosial. Dengan berfokus pada nilai-nilai lokal, DSGCP meyakini bahwa merek yang diproduksi di Indonesia, oleh orang Indonesia, untuk orang Indonesia, akan beresonansi mendalam dengan aspirasi ekonomi yang sedang berkembang di Indonesia.

Baca Juga  BYD Salip Tesla Sebagai Produsen Kendaraan Listrik Terbesar Dunia

RADC berencana untuk terus memperluas tim dengan melakukan perekrutan di berbagai departemen, termasuk pemasaran, media sosial, operasional, keuangan, dan pengembangan produk. Ekspansi ini sejalan dengan tujuan RADC untuk menjaga ekuitas merek di pasar dan melayani basis konsumen yang semakin beragam. Saat ini, RADC Tengah mencari sumber daya manusia untuk mengisi beberapa posisi, termasuk senior HR executive, creative director, general trade lead, dan masih banyak lagi.

Michael Soerijadji, Founder & Managing Partner AC Ventures, mengatakan  bangga terus mendukung Rosé All Day Cosmetics. “Pendekatan inovatif dan inklusif mereka dalam industri kecantikan dan perawatan kulit sejalan dengan etos AC Ventures untuk mendukung perusahaan-perusahaan transformatif sejak awal. Kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan pasar yang bergerak cepat, dan merespons tantangan-tantangan yang tidak terduga membuat mereka menjadi pengusaha yang unggul di saat di mana contoh-contoh hebat dibutuhkan lebih dari sebelumnya,” ujar Michael. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *