Hadapi Pemilu, Mirae Ajak Investor Berinvestasi Reksa Dana Indeks

Francisca Gerungan, Head of Fund Services Mirae Asset. (dok Mirae)

Menghadapi tahun politik dan Pemilu, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (Mirae) menyarankan investor perlu mendiversifikasi investasinya di pasar modal dengan berinvestasi pada reksa dana indeks. Investasi reksa dana indeks dinilai memiliki risiko yang terukur sekaligus tingkat pengembalian investasi (return) yang lebih optimal. 

Francisca Gerungan, Head of Fund Services Mirae Asset mengatakan saran tersebut terutama menghadapi gejolak politik dan keamanan yang semakin panas, makro ekonomi global menjelang akhir tahun, dan menghadapi tahun politik pada 2024. Reksa dana indeks diperkirakan dapat mengikuti stabilitas dan keuntungan dari saham-saham di indeksnya.

“Karena itu kami mengajak investor untuk dapat mendiversifikasi investasinya pada reksa dana indeks. Ini semata-mata bertujuan agar dapat mengikuti atau mirroring stabilitas dan keuntungan dari saham-saham di indeksnya,” ujar Cika dalam Media Day: October 2023, Selasa (17/10/2023).

Dalam acara tersebut, Cika mengatakan reksa dana indeks adalah reksa dana yang pengelolaan dananya diinvestasikan pada efek sesuai dengan indeks tertentu yang dijadikan acuan. Dari pengelolaan investasi, manajer investasi melakukan passive manage. Karena itu, kinerjanya diharapkan mendapatkan hasil investasi yang serupa dengan indeks acuan. 

Dia mengatakan per awal September, dana kelolaan (asset under management tau AUM) reksa dana indeks industri reksa dana mencapai Rp13 triliun, menjadi bagian dari total AUM Rp515 triliun. Angka total AUM industri tersebut turun 8% dari posisi September tahun lalu (YoY), berdasarkan data OJK. 

Cika menuturkan di tengah pertumbuhan positif industri tersebut, nilai reksa dana yang diadministrasikan (AUA) Mirae Asset juga tumbuh bahkan lebih besar daripada industri yaitu sebesar 60% menjadi sekitar Rp1,5 triliun sejak awal tahun. Di Mirae Asset, layanan reksa dana atau fund services dapat diakses nasabah melalui aplikasi NAVI. 

Baca Juga  Mgid dan GeoEdge Kerja Sama Atasi Malvertising

Selain peningkatan AUA, dia mengatakan Mirae Asset juga berhasil meningkatkan jumlah investor reksa dananya sebesar 62% menjadi 27.000 rekening pada September YoY, lebih besar dari pertumbuhan investor reksa dana nasional 20%. Peningkatan kinerja perusahaan tersebut, ujarnya, berkat edukasi dan sosialisasi yang gencar dilakukan baik secara offline maupun secara online, bersama dengan strategi marketing.

“Ke depannya kami akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai reksa dana indeks sebagai opsi diversifikasi investasi agar nasabah dapat memiliki portofolio yang seimbang karena nasabah Mirae Asset memiliki profil risiko lebih agresif,” tutur Cika. 

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *