Mau Diakuisisi UOB, Begini Kinerja Consumer Banking Citibank

CEO Citibank Indonesia Batara Sianturi. (foto Ubaidillah/SWA)

Lini bisnis consumer Citibank Indonesia akan resmi diakuisisi oleh UOB Indonesia per 18 November 2023. Akuisisi ini merupakan salah satu strategi Citibank global untuk fokus menggarap lini bisnis institutional banking.

Kinerja lini bisnis retail banking Citi Indonesia pada kuartal III 2023 berhasil mempertahankan pertumbuhan transaksi perbankan digital. Jumlah akuisisi nasabah baru kartu kredit melalui saluran digital meningkat secara signifikan sebesar 92% pada akhir bulan Agustus 2023, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, pada periode yang sama, penjualan melalui kanal digital didominasi oleh fitur pembayaran cicilan yang meningkat sebanyak 21%. Hal ini menjadikan kanal digital sebagai salah satu penunjang pertumbuhan bisnis, dan menguatkan misi kami untuk meningkatkan inklusi digital.

“Di tengah proses divestasi, bank berhasil menjaga pertumbuhan nasabah baru di segmen Citigold  sebesar 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, serta kenaikan pendapatan sebesar 11%  dibandingkan kuartal sebelumnya dari lini bisnis bancassurance. Bisnis wealth management juga mengalami pertumbuhan dengan jumlah total dana kelolaan mencapai lebih dari US$1,7 miliar, meningkat 5% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” kata Batara dalam konferensi pers, Senin (13/11/2023)

Sementara lini bisnis kartu kredit telah menjangkau lebih dari 1 juta kartu dengan penjualan ritel tahunan mencapai lebih dari US$1,3 miliar pada September 2023, tumbuh 17% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Interaksi digital nasabah terus menjadi prioritas utama sejak pembaruan Citi Mobile pada tahun 2020.

“Hal ini dibuktikan dengan peningkatan konsisten pengguna aktif bulanan. Di mana pada akhir kuartal kedua 2023 terdapat lebih dari 70% nasabah yang aktif secara finansial menjadi pengguna setia dari aplikasi Citi Mobile,” ujar Batara.

Baca Juga  Ini Dia CEO Terbaik Versi SWA dan Dunamis

Mengenai kemajuan proses jual beli aset dan liabilitas yang terkait dengan consumer banking Citi kepada UOB Indonesia (UOBI), Batara mengatakan bahwa pihaknya telah menandatangani perjanjian jual beli aset dan liabilitas bisnis consumer banking dengan UOBI untuk memastikan transisi yang mulus bagi pelanggan, karyawan, dan mitra. Proses akuisisi ini ditargetkan akan selesai pada 18 November 2023.

“Hingga proses pengalihan usai, kami tetap berkomitmen untuk melayani dan mendukung nasabah kami. Transaksi penjualan ini mencakup bisnis consumer banking termasuk kartu kredit dan wealth management, namun tidak termasuk bisnis institutional banking di mana Citi akan tetap fokus untuk melayani para klien institusional baik secara lokal, regional, maupun global,” ucapnya. 

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *