Program Pembinaan BCA Bangga Lokal Berdayakan Produk Lokal

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkolaborasi dengan PT Inspigo Inspirasi Indonesia, Komunitas Pebisnis Online Haibolu, dan Impactto untuk meningkatkan kualitas produk lokal dalam Program Pembinaan BCA Bangga Lokal. Kegiatan ini merupakan langkah nyata meningkatkan kapasitas dan kualitas brand lokal, agar siap menghadapi tantangan dan memperluas jaringan bisnis.

EVP Transaction Banking Business Development & Marketing BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan, usaha Lokal memiliki peran krusial dalam menguatkan perekonomian Indonesia. Peran signifikan usaha lokal ini perlu ditopang dengan strategi pengembangan dan pembinaan yang tepat agar melahirkan usaha yang mampu bersaing, baik di pasar domestik maupun di pasar global.

Menyadari hal tersebut, BCA kembali menghadirkan program bertajuk ‘Pembinaan BCA Bangga Lokal’. Program ini merupakan implementasi atas komitmen BCA, yang berkontribusi dalam melakukan pemberdayaan, serta meningkatkan kualitas usaha lokal penghasil produk lokal.

Dalam menghadirkan Program Pembinaan BCA Bangga Lokal, BCA bekerja sama dengan platform-platform pilihan dalam pengembangan bisnis, seperti Inspigo, Haibolu, dan Impactto. Lewat kolaborasi kuat ini, program ini  diharapkan dapat menghadirkan akses pengetahuan, sumber daya, dan koneksi yang diperlukan oleh usaha lokal untuk terus tumbuh dan berkembang dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif.

Rangkaian Program Pembinaan BCA Bangga Lokal terdiri dari Innovation Bootcamp, Entrepreneurship Webinar, Entrepreneurship Learning Content dan Bangga Lokal Member Benefits Content. BCA berkolaborasi dengan Inspigo yang akan menyediakan konten dalam platform Inspigo for Business. Peserta juga akan mengikuti AI Role Play, di mana para pelaku usaha lokal dapat berlatih melalui skenario dalam AI Role Play supaya lebih percaya diri menghadapi berbagai situasi di realita, seperti menghadapi pelanggan yang sulit, mengelola tim yang menghadapi tantangan, dan membuat keputusan yang tepat. Kegiatan Pembinaan BCA Bangga Lokal Innovation Bootcamp dimulai pada Senin (13/11/2023).

Baca Juga  BIG Group Ekspansi Besar Merebut Pasar Pencahayaan Indonesia

Innovation Bootcamp menghadirkan beberapa mentor kenamaan Indonesia yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebut saja Yoris Sebastian, Co-founder Inspigo sebagai lead mentor; Didiet Maulana (Ikat Indonesia) sebagai mentor industri fashion; Chef Afit (Holycow) sebagai mentor industri food & beverages; Affi Assegaf (Venas Consulting) sebagai mentor industri health & beauty dan Arief Susanto (Dus Duk Duk Group) selaku mentor industri hobi.

“Aksi kolaboratif dari berbagai pihak diperlukan untuk mengoptimalkan peran usaha lokal dalam perekonomian Indonesia. Dengan sinergi yang terjalin kuat, kami percaya bahwa program ini akan membawa dampak yang lebih luas lagi kepada komunitas Usaha Lokal yang terlibat,” kata Ketut.

Sementara itu Tyo Guritno, CEO Inspigo mengapresiasi inisiatif BCA dalam menghadirkan Program Pembinaan BCA Bangga Lokal. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan dan pengembangan Usaha Lokal penghasil produk lokal.

Nantinya, HaiBolu sebagai Community Manager yang akan mendampingi peserta selama proses belajar. “Kami percaya bahwa melalui kolaborasi dengan pihak-pihak yang mengusung visi dan tujuan yang sama, kami bisa menciptakan dampak yang lebih luas bagi perkembangan industri lokal di Indonesia. Karena itulah, kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan BCA kepada program ini. Harapannya, kami bisa terus membantu para pelaku bisnis lokal untuk meningkatkan kapabilitas bisnis melalui Pembinaan BCA Bangga Lokal,” ucap Ian Agisti, Direktur HaiBolu.

Zahra Damariva, Partner of Impactto menambahkan pihaknya melihat pembinaan BCA Bangga Lokal sebagai kesempatan untuk berkontribusi secara positif terhadap ekosistem bisnis lokal. “Kolaborasi dengan startup-startup yang berfokus pada rantai pasok dan proses bisnis adalah kunci bagi brand untuk menciptakan efisiensi. Melalui program ini, Impactto akan memfasilitasi business matching antara peserta dengan startup-startup berpotensi, membuka peluang kolaborasi yang lebih luas untuk brand lokal,” ucapnya.

Baca Juga  Langkah BRI Dukung Penerapan Ekonomi Karbon

Pelaku Usaha Lokal dapat mendaftar Bangga Lokal Innovation Bootcamp melalui online. Nantinya, para pendaftar akan menerima buletin mingguan dan akses ke Inspigo for Business Bangga Lokal. Setelah itu akan dipilih 20 finalis Usaha Lokal untuk bergabung dalam sesi mentoring Banggal Lokal yakni Bangga Lokal Innovation Bootcamp.

Di dalam Bootcamp nanti, 20 finalis terpilih akan mengikuti bootcamp yang terdiri dari 3 sesi. Sesi pertama akan membahas topik ‘Who Am I & What Am I Offering?’ Sesi kedua membahas topic ‘Plan 2024’ dan sesi ketiga mengupas tema ‘How to Attract Your Customer’. Bootcamp ini akan dimulai 2 minggu setelah acara Kick Off.

Para finalis akan mendapatkan kesempatan mentoring one on one dengan Yoris Sebastian dan mentor lainnya. Di akhir program, para peserta akan diminta mempresentasikan project-nya. Ini merupakan penilaian final di mana para finalis akan melakukan presentasi. Rangkaian pembinaan BCA Bangga Lokal akan ditutup dengan pengumuman pemenang.

BCA telah mengembangkan Program Pembinaan BCA Bangga Lokal sejak November 2020. Bank swasta ini membantu para pelaku usaha lokal  yang telah dikurasi, dengan memberikan eksposur komunikasi, edukasi dan kesempatan pembiayaan modal kerja.  Juga, memiliki program pengembangan melalui webinar dengan topik yang relevan untuk bisnis, kolaborasi pelaku usaha lokal dengan kreator untuk pengembangan produk baru, dan coaching clinic.

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *