RS Awal Bros Group Bangun Layanan Terintegrasi dengan Standar Internasional

Sebagai jaringan pelayanan kesehatan dan rumah sakit terkemuka dengan standar internasional, RS Awal Bros Group memiliki misi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan penuh kepedulian. Hal ini didukung oleh nilai inti dalam pelayanan PRIMA, yang meliputi Profesionalisme, Rapi, Ibadah, Mendengarkan, dan Asertif.

Rumah sakit yang berdiri sejak 29 Agustus 1998 ini berkomitmen untuk bekerja dengan kemampuan terbaik dalam bidangnya, menjalankan tugas secara sistematis dan bersih, menghargai perbedaan latar belakang individu, mendengarkan dengan penuh pengertian, serta berkomunikasi secara asertif. “Ini menjadi landasan kami untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar CEO RS Awal Bros Group, Arfan Awaloeddin.

Upaya RS Awal Bros Group dalam mengintegrasikan layanan pengembangan strategi dan rencana tindakan melibatkan pendekatan holistik yang mencakup beberapa langkah. Pertama, melakukan analisis menyeluruh terhadap kebutuhan dan harapan pasien, serta mengevaluasi tren dan inovasi dalam industri kesehatan.

Selanjutnya, RS Awal Bros Group bekerja sama dengan tim medis dan manajerial untuk mengembangkan strategi yang fokus pada peningkatan kualitas layanan, efisiensi operasional, dan keberlanjutan. Rencana tindakan konkret kemudian diimplementasikan dengan memanfaatkan teknologi terkini, pelatihan karyawan, dan pemantauan kinerja secara berkala.

Dengan delapan rumah sakitnya yang terus berkembang, RS Awal Bros Group telah menginvestasikan secara signifikan dalam teknologi medis dan sistem informasi kesehatan. Penggunaan Hospital Information System (HIS) terintegrasi dengan Electronic Medical Records (EMR) merevolusi cara pencatatan medis dan perawatan pasien, memastikan pengalaman pelayanan yang efisien dan modern. Digitalisasi proses peresepan dan dokumentasi pemberian obat ini dinilai meningkatkan kenyamanan pasien dan menciptakan standar pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.

“Di RS Awal Bros Group, kami menghadirkan pengalaman kesehatan yang canggih dengan pengembangan HIS yang mencakup kecerdasan buatan (AI). Teknologi AI kami membaca hasil radiologi dan melakukan skrining keamanan peresepan serta pengobatan,” lanjut Arfan.

Langkah inovatif ini, kata dia, tidak hanya menciptakan integrasi penuh alat medis seperti patient monitor, tetapi juga memungkinkan perawat untuk lebih fokus memberikan asuhan yang penuh empati. Semua ini sejalan dengan komitmen RS Awal Bros Group pada Technical Care, pilar strategis perusahaan yang menekankan penggunaan teknologi canggih untuk meningkatkan kualitas perawatan.

Digitalisasi sistem appointment adalah langkah lain yang diambil rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pasien. Pasien dapat dengan mudah membuat janji temu melalui platform online, mengurangi waktu tunggu di pendaftaran dan meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan.

Rumah sakit yang beroperasi di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau ini juga menghadirkan solusi proaktif untuk mengatasi waktu tunggu dengan meluncurkan Dashboard Real-time Monitoring. Dashboard ini memungkinkan manajemen untuk langsung memantau waktu tunggu di seluruh departemen, memastikan setiap pasien menerima perawatan tepat waktu. Analisis data yang akurat memungkinkan respons cepat terhadap lonjakan permintaan atau perubahan dalam pola pelayanan, memberikan ketersediaan sumber daya yang optimal.

“Untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan lingkungan yang ramah pasien, RS Awal Bros Group menyediakan langkah-langkah inovatif. Pasien dapat dengan mudah mengakses catatan medis, membuat janji temu, dan menerima pelayanan sesuai jadwal yang diinginkan. Ini tidak hanya mendukung praktik medis terbaik, tetapi juga memberikan pengalaman positif bagi pasien yang menjadi fokus utamanya,” jelas Arfan.

Dalam upaya memenuhi standar kesehatan global, RS Awal Bros Group menetapkan Key Performance Indicators (KPI) dan melibatkan audit internal, leader lead tracer, serta facility round untuk menjamin kualitas. Adopsi Kaizen dan Lean Management mendukung usaha continuous improvement, memastikan bahwa rumah sakit tidak hanya memenuhi, tetapi juga melebihi standar yang ditetapkan.

Pencapaian luar biasa dari RS Awal Bros Group terlihat dari akreditasi Joint Commission International (JCI) yang diperoleh oleh dua dari delapan rumah sakit dalam grup sejak tahun 2014. Seluruh rumah sakit di dalam grup juga telah meraih akreditasi nasional dengan tingkat paripurna, membuktikan komitmen mereka terhadap standar kualitas dan keamanan pasien yang tinggi.

Menurut Arfan, perjalanan RS Awal Bros Group menuju standar internasional bukanlah tanpa tantangan. Dari peraturan pemerintah yang dinamis hingga perbedaan budaya dalam praktek medis serta tantangan teknis yang kompleks, rumah sakit tidak hanya menghadapinya, tetapi juga mengambil langkah adaptif dan responsif.

“Kami memastikan setiap tantangan menjadi peluang inovatif, memastikan bahwa RS Awal Bros Group tetap unggul dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas tinggi. Dengan komitmen terhadap keunggulan, RS Awal Bros Group siap menghadapi masa depan kesehatan yang dinamis,” tuturnya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Cetak Pemimpin dari Dalam, Dompet Dhuafa Siapkan Tiga Program Pengembangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *