Xurya Resmikan Pemasangan PLTS di Atap Gedung Rumah Sakit

Sebagai bukti komitmen terhadap langkah berkelanjutan, Primaya Hospital Group bekerja sama dengan Xurya untuk membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap gedung rumah sakit.

Pemasangan PLTS pertama di Primaya Hospital dilakukan di Primaya Hospital Bekasi Timur dengan panel seluas 2800 meter persegi. Panel surya tersebut dapat menghasilkan energi bersih sebanyak 524 ribu kWh setiap tahunnya atau setara dengan penekanan emisi karbon sebesar 469 ribu kilogram per tahun. Sebagai gambaran, penekanan emisi karbon yang dihasilkan dari pemasangan PLTS Atap ini setara dengan dampak positif penanaman lebih dari 6.000 pohon.

Pemanasan global merupakan proses peningkatan suhu bumi yang berlebihan, penyebabnya adalah gas rumah kaca yang berlebihan, bukan hanya gas rumah kaca penggunaan energy fosil yang terlalu banyak juga sangat berpengaruh, seperti batu bara dan minyak bumi. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan, total emisi gas rumah kaca (GRK) dari sektor industri Indonesia mencapai 238,1 juta ton CO2e di tahun 2022. Penggunaan panel surya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak lingkungan negatif lainnya yang dihasilkan dari sumber energi konvensional. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Adhi Laksmanaputra, Vice President Commercial Xurya menyampaikan, “Kesehatan jasmani tidak terlepas dari lingkungan yang sehat dan bersih. Maka dari itu, pemasangan PLTS Atap di Primaya Hospital Bekasi Timur ini bukan hanya suatu proyek transisi energi saja, tapi juga berkaitan langsung dengan misi kesehatan Primaya Hospital. Kami sangat mengapresiasi langkah go-green yang telah diambil oleh Primaya Hospital Group dan berterima kasih karena telah mempercayakan Xurya sebagai partner dalam upaya go-green ini.”

Adhi menambahkan, Xurya tidak hanya membantu Primaya Hospital Bekasi Timur dalam instalasi PLTS Atap saja. “Ke depan, kami juga turut memberikan layanan operations & maintenance secara rutin untuk memaksimalkan performa PLTS Atap. Selain itu, pihak Primaya Hospital Bekasi Timur juga dapat memonitor kinerja sistem PLTS Atap secara real-time dan transparan melalui platform kami,” dia menambahkan.

Baca Juga  Kenapa Video Vertikal YouTube Lebih Menguntungkan Bisnis?

Selain penggunaan panel surya, Primaya Hospital Group juga menerapkan program keberlanjutan lainnya seperti upaya pengurangan limbah plastik dengan mengganti air minum kemasan sekali pakai dengan tempat minum yang dapat digunakan berulang kali, menggunakan plastik obat dari bahan degradable, dan mengurangi penggunaan kertas melalui digitalisasi.

“Seperti diketahui, isu pemanasan global telah menjadi perhatian seluruh dunia saat ini, termasuk kami di industri kesehatan. Dimana pastinya dibutuhkan energi yang besar untuk operasional pelayanan kesehatan sehari-harinya. Besar harapan kami, dengan pemasangan panel surya di gedung rumah sakit kami, dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan bumi dan lingkungan yang berkelanjutan,”ujar Leona A. Karnali, CEO Primaya Hospital Group dikutip dalam keterangan resmi, (27/12/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *